Pengantar Organisasi Komputer
Komputer
Komputer
adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan
digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang
tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang
dihasilkan setelah diolah. Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer
dan unit penyimpanannya adalah memori komputer.
Dalam bentuk yang paling sederhana komputer
terdiri dari lima bagian utama yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Unit-unit
tersebut adalah: masukan, memori, aritmetika dan logika, keluaran dan kontrol
seperti pada gambar di bawah.
Unit
masukan menerima informasi yang yang dikodekan dari operator manusia lewat alat-alat
elektro mekanik seperti papan ketik pada suatu terminal video, atau dari komputer-komputer
lain lewat jalur komunikasi digital. Informasi yang diterima dan disimpan dalam
memori untuk dipergunakan kelak, atau langsung diolah oleh rangkaian aritmetika
dan logika untuk melaksanakan operasi yang diinginkan. Langkah-langkah
pengolahan ditentukan oleh program yang disimpan dalam memori. Akhirnya
hasil-hasil yang diperoleh dikirimkan kembali keluar melalui unit keluaran.
Seluruh kegiatan ini dikoordinasi oleh unit kontrol.
Organisasi
Komputer
Organisasi
Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit
operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam
merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah
teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal–sinyal kontrol.
Arsitektur
Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem
komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi,
aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai
contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori
merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan
tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache
adalah kajian organisasional.
Perbedaan
Utama
Organisasi Komputer
- Bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional
- Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal control
Arsitektur Komputer
- Atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
- Contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
Struktur
dan Fungsi Utama Kompute
Struktur Komputer
Komputer
adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar.
Interaksi
dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran
komunikasi. Dalam buku ini akan banyak dikaji seputar struktur internal
komputer. Perhatikan gambar 1.2, terdapat empat struktur utama:
- Central Processing Unit (CPU), berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat pengolahan fungsi – fungsi komputer. Kesepakatan, CPU cukup disebut sebagai processor (prosesor) saja.
- Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data.
- I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
- System Interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori utama dan I/O.
Komponen
yang paling menarik namun paling kompleks adalah CPU. Struktur CPU terlihat pada
gambar di atas, dengan struktur utamanya adalah :
- Control Unit, berfungsi untuk mengontrol operasi CPU dan mengontrol komputer secara keseluruhan.
- Arithmetic And Logic Unit (ALU), berfungsi untuk membentuk fungsi – fungsi
pengolahan data komputer.
- Register, berfungsi sebagai penyimpan internal bagi CPU.
- CPU Interconnection, berfungsi menghubungkan seluruh bagian dari CPU.
Fungsi Komputer
Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana
seperti terlihat pada gambar di bawah, Pada prinsipnya terdapat empat buah
fungsi operasi, yaitu :
- Fungsi Operasi Pengolahan Data
- Fungsi Operasi Penyimpanan Data
- Fungsi Operasi Pemindahan Data
- Fungsi Operasi Kontrol
Komputer
harus dapat memproses data. Representasi data di sini bermacam–macam, akan
tetapi nantinya data harus disesuaikan dengan mesin pemrosesnya. Dalam
pengolahan data, komputer memerlukan unit penyimpanan sehingga diperlukan suatu
mekanisme penyimpanan data. Walaupun hasil komputer digunakan saat itu,
setidaknya komputer memerlukan media penyimpanan untuk data prosesnya. Dalam
interaksi dengan dunia luar sebagai fungsi pemindahan data diperlukan
antarmuka (interface), proses ini dilakukan oleh unit Input/Output (I/O)
dan perangkatnya disebut peripheral. Saat interaksi dengan perpindahan data
yang jauh atau dari remote device, komputer melakukan proses komunikasi data.
Gambar di bawah mengilustrasikan operasi–operasi komputer. Gambar (a) adalah
operasi pemindahan data, gambar (b) adalah operasi penyimpanan data, gambar (c)
dan gambar (d) adalah operasi pengolahan data.
Evolusi dan Kinerja Komputer
Pada Bab ini mula-mula akan dibahas tentang
sejarah singkat komputer karena beberapa diantaranya merupakan dasar dari
perkembangan komputer saat ini. Kemudian dibahas mengenai bermacam-macam teknik
dan strategi yang digunakan untuk mencapai unjuk kerja yang seimbang dan
efisien. Terakhir akan dibahas evolusi dua system yang sangat penting pada komputer
saat ini yaitu Pentium dan PowerPC.
Sejarah
Singkat Komputer
Generasi Pertama : Tabung Vakum (1945
– 1955)
ENIAC
ENIAC
(Electronic Numerical Integrator And Computer), pada tahun 1946
dirancang dan dibuat oleh John Mauchly dan John Presper Eckert di Universitas
Pennsylvania merupakan computer digital elektronik untuk kebutuhan umum pertama
di dunia. ENIAC dibuat di bawah lembaga Army’s Ballistics Research
Laboratory (BRL). Sebuah badan yang bertanggung jawab dalam pembuatan jarak
dan tabel lintasan peluru kendali senjata baru. Sebelumnya tugas ini dilakukan oleh
kurang lebih 200 personil dengan menggunakan kalkulator untuk menyelesaikan
persamaan matematis peluru kendali yang memakan waktu lama.
ENIAC
mempunyai berat 30 ton, bervolume 15.000 kaki persegi, dan berisi lebih dari 18.000
tabung vakum. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 140 KW. Kecepatan operasi mencapai
5.000 operasi penambahan per detik. ENIAC masih merupakan mesin desimal, representasi
data bilangan dalam bentuk desimal dan arimetiknya dibuat dalam bentuk desimal.
Memorinya terdiri atas 20 akumulator, yang masing – masing akumulatornya mampu menampung
10 digit desimal. Setiap digit direpresentasikan oleh cincin yang terdiri atas
10 buah tabung vakum. Kekurangan utama mesin ini adalah masih manual
pemrogramannya, yaitu dengan menyetel switch – switch, memasang dan menanggalkan
kabel – kabelnya. ENIAC selesai pada tahun 1946 sejak proposal diajukan tahun
1943, sehingga tahun 1946 merupakan gerbang bagi zaman baru komputer
elektronik.
John
Van Neumann seorang ahli matematika yang merupakan konsultan pembuatan ENIAC pada
tahun 1945 mencoba memperbaiki kelemahan ENIAC dengan rancangan
komputer
barunya, bernama EDVAC
(Electronic
Discrete Variable Computer) dengan konsep program tersimpan (storedprogram
concept)
Tahun
1946 komputer dengan stored-program concept dipublikasikasikan, yang
kemudian
di kenal dengan Komputer IAS (Computer of Institute for Advanced
Studies). Struktur komputer IAS terlihat pada gambar di bawah. Komputer ini
terdiri :
• Memori
Utama, untuk menyimpan data maupun instruksi.
• Arithmetic
Logic Unit (ALU), untuk mengolah data binner.
• Control
Unit, untuk melakukan interpretasi instruksi – instruksi di dalam memori
sehingga adanya eksekusi instruksi tersebut.
• I/O,
untuk berinteraksi dengan lingkungan luar.
Memori
IAS terdiri atas 1.000 lokasi penyimpanan yang disebut word. Word
terdiri atas 40 binary digit (bit). Data maupun instruksi disimpan dalam
memori ini, sehingga data maupun instruksi harus dikodekan dalam bentuk biner.
Format memori terlihat pada gambar. Setiap bilangan terdiri atas sebuah bit
tanda dan 39 bit nilai. Sebuah word terdiri atas 20 bit instruksi dengan masing
– masing 8 bit kode operasi (op code) dan 12 bit alamat.
Struktur
detail komputer IAS disajikan dalam gambar. Gambar ini menjelaskan bahwa
baik unit kontrol maupun ALU berisi lokasi – lokasi penyimpanan, yang disebut register,
yaitu :
- Memory Buffer Register (MBR), berisi sebuah word yang akan disimpan di dalam memori atau digunakan untuk menerima word dari memori.
- Memory Address Register (MAR), untuk menentukan alamat word di memori untuk Dituliskan dari MBR atau dibaca oleh MBR.
- Instruction Register (IR), berisi instruksi 8 bit kode operasi yang akan dieksekusi.
- Instruction Buffer Register (IBR), digunakan untuk penyimpanan sementara instruksi Sebelah kanan word di dalam memori.
- Program Counter (PC), berisi alamat pasangan instruksi berikutnya yang akan diambil Dari memori.
- Accumulator (AC) dan Multiplier Quotient (MQ), digunakan untuk penyimpanan
Sementara operand dan hasil ALU. Misalnya,
hasil perkalian 2 buah bilangan 40 bit adalah sebuah bilangan 80 bit; 40 bit
yang paling berarti (most significant bit) disimpan dalam AC dan 40 bit lainnya
(least significant bit) disimpan dalam MQ.
IAS
beroperasi secara berulang membentuk siklus instruksi. Komputer IAS
memiliki 21 instruksi, yang dapat
dikelompokkan seperti berikut ini :
- Data tranfer, memindahkan data di antara memori dengan register – register ALU atau antara dua register ALU sendiri.
- Unconditional branch, perintah – perintah eksekusi percabangan tanpa syarat tertentu.
- Conditional branch, perintah – perintah eksekusi percabangan yang memerlukan syarat tertentu agar dihasilkan suatu nilai dari percabangan tersebut.
- Arithmetic, kumpulan operasi – operasi yang dibentuk oleh ALU.
- Address Modify, instruksi – instruksi yang memungkinkan pengubahan alamat saat di komputasi sehingga memungkinkan fleksibilitas alamat yang tinggi pada program.
Komputer
Komersial
Tahun
1950 dianggap sebagai tahun kelahiran industri komputer dengan munculnya 2 buah
perusahaan yang saat itu mendominasi pasar, yaitu Sperry dan IBM.
Tahun
1947, Eckert dan Mauchly mendirikan Eckert-Mauchly Computer Corporation untuk
memproduksi komputer secara komersial. Komputer pertama yang mereka hasilkan
adalah UNIVAC I (Universal Automatic Computer). UNIVAC I menjadi tulang
punggung penghitungan sensus tahun 1950 di USA.
UNIVAC
II yang memiliki kapasitas memori lebih besar dan kinerja yang lebih baik diluncurkan
tahun 1950. Mulai saat itu perusahaan telah mengembangkan produk – produk baru yang
kompatibel dengan produk sebelumnya sehingga pangsa pasar konsumen mereka tetap
terjaga menggunakan produknya.
IBM
pun tidak mau kalah dengan mengeluarkan produk mereka yang akhirnya
mendominasi
pangsa pasar bisnis saat ini. Seri IBM pertama adalah seri 701 tahun 1953 dan
terus berkembang menjadi lebih baik hingga sekarang.
Generasi Kedua :
Transistor (1955 – 1965)
Sejak
pesatnya teknologi semikonduktor hingga menghasilkan komponen transistor membawa
perubahan besar pada dunia komputer. Komputer era ini tidak lagi menggunakan tabung
vakum yang memerlukan daya operasional besar, tabung – tabung itu digantikan komponen
kecil bernama transistor. Konsumsi daya listrik amat kecil dan bentuknyapun relative
kecil.
Transistor
ditemukan di Bell Labs pada tahun 1947 dan tahun 1950 telah meluncurkan revolusi
elektronika modern. IBM sebagai perusahaan pertama yang meluncurkan produk komputer
dengan transistor sehingga tetap mendominasi pangsa pasar komputer. NCR dan RCA
adalah perusahaan yang mengembangkan komputer berukuran kecil saat itu,
kemudian diikuti IBM dengan mengeluarkan seri 7000-nya.
Dengan
adanya transistor membuat hardware komputer saat itu makin cepat prosesnya, lihat
Tabel 2.1. Memori makin besar kapasitasnya namun makin kecil bentuknya.
Generasi dua ini juga terdapat perubahan perkembangan pada ALU yang makin
kompleks, lahirnya bahasa pemrograman tingkat tinggi maupun tersedianya
software sistem operasi.
Generasi
kedua juga ditandai munculnya Digital Equipment Corporation (DEC) tahun 1957
dan meluncurkan komputer pertamanya, yaitu PDP 1. Komputer ini sangat penting
bagi perkembangan komputer generasi ketiga.
IBM
7094
Komputer
ini diluncurkan tahun 1962. Kemajuan IBM 7094 adalah adanya Instruction
Backup Register (IBR) yang berfungsi membeffer instruksi berikutnya,
efeknya komputer akan lebih cepat prosesnya. Unit kontrol mengambil dua word
yang berdampingan dari memori untuk sebuah pengambilan instruksi, kecuali bila
terjadi percabangan.
Kemajuan
IBM 7094 lainnya adalah adanya multiplexor untuk memultiplex data
channel (saluran data). Multiplexor berfungsi sebagai sentral switch data
yang akan diproses dalam CPU.
Generasi Ketiga :
Integrated Circuits (1965 – 1980)
Pada tahun 1958 terjadi revolusi elektronika
kembali, yaitu ditemukannya integrated circuit (IC) yang merupakan
penggabungan komponen – komponen elektronika dalam suatu paket. Dengan
ditemukan IC ini semakin mempercepat proses komputer, kapasitas memori makin besar
dan bentuknya semakin kecil.
IBM
System/360
Tahun
1964 dikeluarkan IBM System/360 yang telah menggunakan teknologi IC. Dalam satu
dekade IBM menguasai 70% pasaran komputer.
Sistem
360 merupakan kelompok komputer pertama yang terencana. Banyak model dalam
arsitektur 360 ini dan saling kompatibel. Hal ini sangat menguntungkan konsumen,
karena konsumen dapat menyesuaikan dengan kebutuhan maupun harganya.
Pengembangan (upgrading) dimungkinkan dalam komputer ini. Karakteristik
komputer kelompok ini adalah :
- Set Instruksi Mirip atau Identik, dalam kelompok komputer ini berbagai model yang dikeluarkan menggunakan set instruksi yang sama sehingga mendukung kompabilitas system maupun perangkat kerasnya.
- Sistem Operasi Mirip atau Identik, ini merupakan feature yang menguntungkan Konsumen sehingga apabila kebutuhan menuntut penggantian komputer tidak kesulitan dalam system operasinya karena sama. Kecepatan yang meningkat, model – model yang ditawarkan mulai dari kecepatan Rendah sampai kecepatan tinggi untuk penggunaan yang dapat disesuaikan konsumen sendiri.
- Ukuran Memori yang lebih besar, semakin tinggi modelnya akan diperoleh semakin Besar memori yang digunakan.
- Harga yang meningkat, semakin tinggi modelnya maka harganya semakin mahal.
DEC
PDP-8
Pada
tahun yang sama saat IBM mengeluarkan System/360, DEC meluncurkan DEC PDP-8. Komputer
ini memiliki keunggulan bentuknya yang kecil sehingga sangat fleksibel
digunakan. PDP-8 juga memiliki varian varian yang modelnya sama dengan IBM
System/360 untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggannya. Dengan hadirnya PDP-8 ini
membawa DEC sebagai perusahaan menyuplai komputer mini terbesar membawa DEC
sebagai pabrik komputer terbesar kedua setelah IBM.
Arsitektur
PDP-8 sangat berbeda dengan IBM terutama bagian sistem bus. Pada komputer
ini menggunakan omnibus system. Sistem ini terdiri atas 96 buah lintasan
sinyal yang terpisah, yang digunakan untuk membawa sinyal – sinyal kontrol,
alamat maupun data. Karena semua komponen menggunakan jalur bus ini maka
penggunaannya dikontrol oleh CPU. Arsitektur bus seperti PDP-8 ini nantinya
digunakan oleh komputer – komputer modern selanjutnya. Struktur bus PDP-8
terlihat pada gambar di bawah ini.
Generasi Keempat : Very Large Scale
Integration (1980 - ????)
Era keempat perkembangan genarasi komputer
ditandai adanya VLSI. Paket VLSI dapat menampung 10.000 komponen lebih per
kepingnya dengan kecepatan operasi mencapai 100juta operasi per detiknya.
Gambar di bawah mengilustrasikan perkembangan mikroprosesor Pentium terhadap
jumlah transistor per kepingnya.
Masa
– masa ini diawali peluncuran mikroprosesor Intel seri 4004. Mikroprosesor 4004
dapat menambahkan dua bilangan 4 bit dan hanya dapat mengalikan dengan cara
pengulangan penambahan. Memang masih primitif, namun mikroprosesor ini tonggak
perkembangan mikroprosesor – mikroprosesor canggih saat ini. Tidak ada ukuran
pasti dalam melihat mikroprosesor, namun ukuran terbaik adalah lebar bus
data : jumlah bit data yang dapat dikirim diterima mikroprosesor. Ukuran
lain adalah jumlah bit dalam register.
Tahun
1972 diperkenalkan dengan mikroprosesor 8008 yang merupakan mikroprosesor 8 bit.
Mikroprosesor ini lebih kompleks instruksinya tetapi lebih cepat prosesnya dari
pendahulunya. Kemudian Bells dan HP menciptakan mikroprosesor 32 bit pada 1981,
sedangkan Intel baru mengeluarkan tahun 1985 dengan mikroprosesor 80386.
Perancangan
Kinerja
Kinerja
sebuah sistem komputer merupakan hasil proses dari seluruh komponen komputer,
yang melibatkan CPU, memori utama, memori sekunder, bus, peripheral. Dari segi perkembangan
program aplikasipun sangat menakjubkan. Aplikasi dekstop yang hampir dimiliki semua
sistem komputer saat ini meliputi :
•
Pengolahan citra
•
Pengenalan voice atau pembicaraan
•
Video conference
•
Mulitimedia
•
Transfer data
Yang
menakjubkan lagi adalah dari sudut pandang organisasi dan arsitektur computer saat
ini adalah mirip dengan komputer IAS yang dibuat sekitar 50 tahun lalu, namun perkembangan
dan kecanggihannya dapat kita rasakan sekarang ini. Peningkatan kinerja mikroprosesor
ini terus berlanjut tidak kenal henti dengan berbagai teknik yang telah dikembangkan,
diantaranya :
- Branch Prediction, teknik dimana prosesor memungkinkan mengamati terlebih dahulu di dalam software dan melakukan prediksi percabangan atau kelompok instruksi yang akan dieksekusi berikutnya.
- Data Flow Analysis, prosesor akan menganalisa instruksi – instruksi yang tidak tergantung pada hasil atau data lainnya untuk membuat penjadwalan yang optimum dalam eksekusi.
- Speculative Execution, dengan modal prediksi cabang dan analisis data, maka prosesor Dapat melakukan eksekusi spekulatif terlebih dahulu sebelum waktunya.
Perkembangan
mikroprosesor, dilihat dari kapasitas operasi dan kecepatannya sangatlah pesat.
Perkembangan mikroprosesor ini sulit diimbangi oleh komponen lainnya semisal
memori. Hal ini menimbulkan masalah kesenjangan dan kurang sinkronnya operasi
antar komponen. Perhatikan laju perkembangan prosesor dibandingkan memori utama
seperti terlihat pada gambar 2.8. Organisasi dan arsitektur komputer yang
handal sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan seperti ini.
Terdapat
beberapa metode untuk mengatasi masalah perbedaan kecepatan operasi antara mikroprosesor
dengan komponen lainnya, diantaranya :
- Meningkatkan jumlah bit yang dicari pada suatu saat tertentu dengan melebarkan DRAM dan melebarkan lintasa sistem busnya.
- Mengubah antarmuka DRAM sehingga lebih efisien dengan menggunakan teknik cache Atau pola buffer lainnya pada keping DRAM.
- Meningkatkan bandwidth interkoneksi prosesor dan memori dengan penggunakan hierarki bus –bus yang lebih cepat untuk buffering dan membuat struktur aliran data.
Bidang
lain yang menjadi fokus kajian peningkatan kinerja sistem komputer adalah penanganan
perangkat – perangkat I/O. Masalah yang terjadi hampir sama dengan memori. Teknik
penyelesaian yang digunakan umumnya adalah teknik buffering dan caching.
Target
yang ingin dicapai dalam peningkatan kinerja adalah tercapainya keseimbangan proses
operasi antar komponen – komponen penyusun komputer sehingga menghasilkan
kinerja komputer yang tinggi.
Contoh
Evolusi Komputer
Evolusi komputer yang akan dijelaskan adalah
kelompok komputer Pentium Intel dan PowerPC. Alasannya adalah komputer Pentium
Intel mampu mendominasi pasaran dan secara teknologi menggunakan rancangan CISC
(complex instruction set computers) dalam arsitekturnya. Sedangkan
PowerPC merupakan kelompok komputer yang menerapkan teknologi RISC (reduced
instruction set computers). Detail tentang CISC dan RISC akan dijelaskan
dalam matakuliah Arsitektur CPU.
Pentium
Pentium
merupakan produk Intel yang mampu mendominasi pasaran prosesor hingga saat ini.
Generasi demi generasi diluncurkan ke pasaran dengan kenaikan unjuk kerja yang
menakjubkan dalam memenuhi kebutuhan konsumennya.
Berikut
evolusi prosesor keluaran Intel dari prosesor sederhana sampai prosesor
keluaran saat ini:
- 8080, keluar tahun 1972 merupakan mikroprosesor pertama keluaran Intel dengan mesin 8 bit dan bus data ke memori juga 8 bit. Jumlah instruksinya 66 instruksi dengan kemampuan pengalamatan 16KB.
- 8086, dikenalkan tahun 1974 adalah mikroprosesor 16 bit dengan teknologi cache instruksi. Jumlah instruksi mencapai 111 dan kemampuan pengalamatan ke memori 64KB.
- 80286, keluar tahun 1982 merupakan pengembangan dari 8086, kemampuan Pengalamatan mencapai 1MB dengan 133 instruksi.
- 80386, keluar tahun 1985 dengan mesin 32 bit. Sudah mendukung sistem multitasking. Dengan mesin 32 bitnya, produk ini mampu menjadi terunggul pada masa itu.
- 80486, dikenalkan tahun 1989. Kemajuannya pada teknologi cache memori dan Pipelining instruksi. Sudah dilengkapi dengan math co-processor.
- Pentium, dikeluarkan tahun 1993, menggunakan teknologi superscalar sehingga Memungkinkan eksekusi instruksi secara paralel.
- Pentium Pro, keluar tahun 1995. Kemajuannya pada peningkatan organisasi superscalar Untuk proses paralel, ditemukan sistem prediksi cabang, analisa aliran data dan sistem cache memori yang makin canggih.
- Pentium II, keluar sekitar tahun 1997 dengan teknologi MMX sehingga mampu Menangani kebutuhan multimedia. Mulai Pentium II telah menggunakan teknologi RISC.
- Pentium III, terdapat kemampuan instruksi floating point untuk menangani grafis 3D.
- Pentium IV, kemampuan floating point dan multimedia semakin canggih.
- Itanium, memiliki kemampuan 2 unit floating point, 4 unit integer, 3 unit pencabangan, Internet streaming, 128 interger register.
PowerPC
Proyek
sistem RISC diawali tahun 1975 oleh IBM pada komputer muni seri 801. Seri
pertama ini hanyalah prototipe, seri komersialnya adalah PC RT yang dikenalkan
tahun 1986. Tahun 1990 IBM mengeluarkan generasi berikutnya yaitu IBM RISC
System/6000 yang merupakan mesin RISC superskalar workstation. Setelah ini
arsitektur IBM lebih dikenal sebagai arsitektur POWER.
IBM
menjalin kerja sama dengan Motorola menghasilkan mikroprosesor seri 6800, kemudian
Apple menggunakan keping Motorola dalam Macintoshnya. Saat ini terdapat 4 kelompok
PowerPC, yaitu :
- 601, adalah mesin 32 bit merupakan produksi masal arsitektur PowerPC untuk lebih dikenal masyarakat.
- 603, merupakan komputer desktop dan komputer portabel. Kelompok ini sama dengan seri 601 namun lebih murah untuk keperluan efisien.
- 604, seri komputer PowerPC untuk kegunaan komputer low-end server dan komputer desktop.
- 620, ditujukan untuk penggunaan high-end server. Mesin dengan arsitektur 64 bit.
- 740/750, seri dengan cache L2.
- G4, seperti seri 750 tetapi lebih cepat dan menggunakan 8 instruksi paralel.
Seperti
telah dijelaskan pada bagian pengantar, bahwa komputer digital terdiri dari
sistem
prosesor
atau sering disebut CPU, memori – memori, dan piranti masukan/keluaran yang
saling
berhubungan
dan saling dukung mewujudkan fungsi operasi komputer secara keseluruhan.
Struktur
CPU
Komponen
Utama CPU
CPU
merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. CPU adalah komponen
pengolah
data berdasarkan instruksi – instruksi yang diberikan kepadanya.
Dalam
mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU tersusun atas beberapa komponen sebagai
bagian
dari struktur CPU, seperti terlihat pada gambar 3.1 dan struktur detail
internal CPU terlihat
pada
gamber 3.2. CPU tersusun atas beberapa komponen, yaitu :
- Arithmetic and Logic Unit (ALU), bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer. ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya. Seperti istilahnya, ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean, yang masing - masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.
- Control Unit, bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol computer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi – fungsi operasinya. Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi – instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
- Registers, adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
- CPU Interconnections, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register – register dan juga dengan bus – bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan/keluaran.
Fungsi
CPU
Fungsi
CPU adalah penjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama dengan
cara mengambil instruksi – instruksi, menguji instruksi tersebut dan
mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
Untuk
memahami fungsi CPU dan caranya berinteraksi dengan komponen lain, perlu kita tinjau
lebih jauh proses eksekusi program. Pandangan paling sederhana proses eksekusi
program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua
langkah, yaitu : operasi
pembacaan
instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute). Siklus
instruksi yang terdiri dari siklus fetch dan siklus eksekusi
Siklus Fetch - Eksekusi
Pada
setiap siklus instruksi, CPU awalnya akan membaca instruksi dari memori.
Terdapat register dalam CPU yang berfungsi mengawasi dan menghitung instruksi
selanjutnya, yang disebut Program Counter (PC). PC akan menambah satu
hitungannya setiap kali CPU membaca
instruksi.
Instruksi – instruksi yang dibaca akan dibuat dalam register instruksi (IR).
Instruksi – instruksi ini dalam bentuk kode – kode binner yang dapat
diinterpretasikan oleh CPU kemudian
dilakukan
aksi yang diperlukan. Aksi – aksi ini dikelompokkan menjadi empat katagori,
yaitu :
- CPU – Memori, perpindahan data dari CPU ke memori dan sebaliknya.
- CPU –I/O, perpindahan data dari CPU ke modul I/O dan sebaliknya.
- Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi aritmatika dan logika terhadap data.
- Kontrol, merupakan instruksi untuk pengontrolan fungsi atau kerja. Misalnya instruksi pengubahan urusan eksekusi. Perlu diketahui bahwa siklus eksekusi untuk suatu instruksi dapat melibatkan lebih dari sebuah referensi ke memori. Disamping itu juga, suatu instruksi dapat menentukan suatu operasi I/O yaitu :
- Instruction Addess Calculation (IAC), yaitu mengkalkulasi atau menentukan alamat instruksi berikutnya yang akan dieksekusi. Biasanya melibatkan penambahan bilangan tetap ke alamat instruksi sebelumnya. Misalnya, bila panjang setiap instruksi 16 bit padahal memori memiliki panjang 8 bit, maka tambahkan 2 ke alamat sebelumnya.
- Instruction Fetch (IF), yaitu membaca atau pengambil instruksi dari lokasi memorinya ke CPU.
- Instruction Operation Decoding (IOD), yaitu menganalisa instruksi untuk menentukan jenis operasi yang akan dibentuk dan operand yang akan digunakan.
- Operand Address Calculation (OAC), yaitu menentukan alamat operand, hal ini dilakukan apabila melibatkan referensi operand pada memori.
- Operand Fetch (OF), adalah mengambil operand dari memori atau dari modul I/O.
- Data Operation (DO), yaitu membentuk operasi yang diperintahkan dalam instruksi.
- Operand store (OS), yaitu menyimpan hasil eksekusi ke dalam memori.
Fungsi Interrupt
Fungsi
interupsi adalah mekanisme penghentian atau pengalihan pengolahan instruksi dalam
CPU kepada routine interupsi. Hampir semua modul (memori dan I/O) memiliki mekanisme
yang dapat menginterupsi kerja CPU. Tujuan interupsi secara umum untuk
menejemen pengeksekusian routine instruksi agar efektif dan efisien antar CPU
dan modul – modul I/O maupun memori. Setiap komponen komputer dapat menjalankan
tugasnya secara bersamaan, tetapi kendali terletak pada CPU
disamping
itu kecepatan eksekusi masing – masing modul berbeda sehingga dengan adanya fungsi
interupsi ini dapat sebagai sinkronisasi kerja antar modul. Macam – macam kelas
sinyal interupsi :
- Program, yaitu interupsi yang dibangkitkan dengan beberapa kondisi yang terjadi pada hasil eksekusi program. Contohnya: arimatika overflow, pembagian nol, oparasi ilegal.
- Timer, adalah interupsi yang dibangkitkan pewaktuan dalam prosesor. Sinyal ini memungkinkan sistem operasi menjalankan fungsi tertentu secara reguler.
- I/O, sinyal interupsi yang dibangkitkan oleh modul I/O sehubungan pemberitahuan kondisi error dan penyelesaian suatu operasi.
- Hardware failure, adalah interupsi yang dibangkitkan oleh kegagalan daya atau kesalahan paritas memori. Dengan adanya mekanisme interupsi, prosesor dapat digunakan untuk mengeksekusi instruksi – instruksi lain. Saat suatu modul telah selesai menjalankan tugasnya dan siap menerima tugas berikutnya maka modul ini akan mengirimkan permintaan interupsi ke prosesor. Kemudian prosesor akan menghentikan eksekusi yang dijalankannya untuk menghandel routine interupsi. Setelah program interupsi selesai maka prosesor akan melanjutkan eksekusi programnya kembali. Saat sinyal interupsi diterima prosesor ada dua kemungkinan tindakan, yaitu interupsi diterima/ditangguhkan dan interupsi ditolak. Apabila interupsi ditangguhkan, prosesor akan melakukan hal – hal dibawah ini :
- Prosesor menangguhkan eksekusi program yang dijalankan dan menyimpan konteksnya. Tindakan ini adalah menyimpan alamat instruksi berikutnya yang akan dieksekusi dan data lain yang relevan.
- Prosesor menyetel program counter (PC) ke alamat awal routine interrupt handler.
Untuk
sistem operasi yang kompleks sangat dimungkinkan adanya interupsi ganda (multiple
interrupt). Misalnya suatu komputer akan menerima permintaan interupsi saat
proses pencetakan dengan printer selesai, disamping itu dimungkinkan dari
saluran komunikasi akan mengirimkan permintaan interupsi setiap kali data tiba.
Dalam hal ini prosesor harus menangani interupsi ganda. Dapat diambil dua buah
pendekatan untuk menangani interupsi ganda ini. Pertama adalah menolak atau
tidak mengizinkan interupsi lain saat suatu interupsi ditangani prosesor.
Kemudian setelah prosesor selesai menangani suatu interupsi maka interupsi lain
baru di tangani. Pendekatan ini disebut pengolahan interupsi berurutan /
sekuensial. Pendekatan ini cukup baik dan sederhana karena interupsi
ditangani dalam ututan yang cukup ketat. Kelemahan pendekatan ini adalah metode
ini tidak memperhitungkan prioritas interupsi. Pendekatan kedua adalah dengan
mendefinisikan prioritas bagi interupsi dan interrupt handler mengizinkan
interupsi berprioritas lebih tinggi ditangani terlebih dahulu. Pedekatan ini disebut
pengolahan interupsi bersarang. Sebagai contoh untuk mendekatan
bersarang, misalnya suatu sistem memiliki tiga perangkat I/O: printer, disk,
dan saluran komunikasi, masing – masing prioritasnya 2, 4 dan 5. Pada awal
sistem melakukan pencetakan dengan printer, saat itu terdapat pengiriman data
pada saluran komunikasi sehingga modul komunikasi meminta interupsi. Proses
selanjutnya adalah pengalihan eksekusi interupsi mudul komunikasi, sedangkan
interupsi printer ditangguhkan. Saat pengeksekusian modul komunikasi terjadi
interupsi disk, namun karena prioritasnya lebih rendah maka interupsi disk
ditangguhkan. Setelah interupsi modul komunikasi selesai akan dilanjutkan interupsi
yang memiliki prioritas lebih tinggi, yaitu disk. Bila interupsi disk selesai
dilanjutkan eksekusi interupsi printer. Selanjutnya dilanjutkan eksekusi
program utama. Memori adalah bagian dari komputer tempat program – program dan
data – data disimpan. Bebarapa pakar komputer (terutama dari Inggris)
menggunakan istilah store atau storage untuk memori, meskipun
kata storage sering digunakan untuk menunjuk ke penyimpanan disket.
Tanpa sebuah memori sebagai tempat untuk mendapatkan informasi guna dibaca dan ditulis
oleh prosesor maka tidak akan ada komputer – komputer digital dengan system penyimpanan
program. Walaupun konsepnya sederhana, memori komputer memiliki aneka ragam
jenis, teknologi, organisasi, unjuk kerja dan harganya.
Posting Komentar